Danau Terindah Di Indonesia: Danau labuan Cermin Berau

Di hutan pedalaman Kalimantan Timur cocoknya di Berau, ada suatu  Danau yang beningnya semacam kaca. Saking beningnya, bahkan Kamu dapat bercermin menonton pantulan wajah sendiri. Berikut Kilasan Wisata Alam Di Labuan Cermin Berau Dengan Danau Yang Bening yang Indah.

Di Kampung Labuan Cermin, Berau, Kalimantan Timur ada suatu  Tempat yang bakal membikin kagum sebab airnya yang sangat bersih hingga-sampai dapat memantulkan wajah kami sendiri. Tempat indah tersebut dinamakan Labuan Cermin. Labuan yang dialiri dua tipe air yang tak bakal sempat kamu temukan di tempat manapun di Indonesia. Mungkin kamu tak bakal percaya saat mendengarnya, namaun ini nyata serta ada di Indonesia. Tempat yang dikelilingi oleh hutan tropis itu terbukti dialiri dua tipe air, yaitu tawar serta asin.

Sebab dialiri oleh dua mata air sehingga lapisan atas air adalah lapisan air tawar yang sangat jernih. Lalu kalau ketika kami menyelam hingga kedalaman 3 meter, kami bakal menonton suatu  pemandangan laut yang indah serta tetap terawat dengan baik sangat menggumkan.

Air asin itu sendiri berasal dari air laut lepas yang masuk dari lubang daratan pada saat surut. Sedangkan air tawar adalah dari mata air Sertaau Labuan Kelambu yang ada di mekeliling tempat itu.

Di Labuan Cermin pula tersedia spesies burung dari tipe Haruai, spesies kupu-kupu juga tetap tak sedikit tersedia di hutan yang berada di sekeliling Labuan. Tidak hanya itu, biota laut semacam ikan kakap, ikan bulan-bulan, batu, serta penyu juga dapat kamu  ditemukan disana.

Untuk menuju ke Labuan Cermin anada tak wajib memakai perahu. Wisatawan juga biasanya memakai jalur darat. Apabila melalui jalur lain, Kamu bakal menemukan hewan-hewan liar semacam Bekantan.

Ketua Legmalamin yang juga adalah pengurus dari Labuan Cermin, Untung Jaelani menceritakan sebelum menjadi suatu  wisata, Labuan Cermin awalnya hanya didatangi warga kurang lebih saat hari raya alias hari pernikahan saja. Tetapi, pada 2003 cocoknya Mei, para ketua dari tokoh masyarakat setempat menonton potensi yang ada di labuan Cermin.

Lokasi yang mempunyai perairan dengan luas kurang lebih 1,2 hektar itu telah mempunyai SK dari Gubernur kalimantan Timur sebagai tempat yang dilindungi pada tahun 2013. Tak hanya di perairan, hutan-hutan disana juga dijaga serta dilarang untuk dirusak.

Untuk dapat menikmati indahnya alam serta bersihnya air di Labuan Cermin, para Legmalin sebutan bagi warga orisinil Labuan Cermin hanya meminta uang Rp 100 ribu untuk jasa kapal. Satu kapal dapat ditempati 10 orang.

Butuh diperhatikan, apabila kamu ingin berwisata ke Labuan Cermin diinginkan supaya tetap menjaga kelestarian serta kebersihan tempat tersebut sebab di labuan cermin Dilarang membuang sampah serta mandi memakai shampo, sabun alias apapun saat menyelam ke dalam air supaya ke asrian tempat tersebut tetap terjaga.
Credit By Travel Team

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar