Profil Dan Biodata Pemain Barcelona Lionel Messi

Lionel Messi adalah salah satu Bintang Sepakbola dari klup Barcelona di era modern saat ini, siapa yang tak kenal dengan pemain mungil yang punya kelincahan saat menggiring bola di lapangan hijau ini. Berikut profil dan Biodata  Lionel Messi.

Lionel Andrés "Leo" Messi (pengucapan bahasa Spanyol: [ljo?nel an?d?es ?mesi], lahir di Rosario, 24 Juni 1987; umur 27 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Argentina yang sekarang bermain untuk FC Barcelona serta adalah kapten tim nasional sepak bola Argentina, bermain sebagai penyerang. Ia adalah pencetak gol tertidak sedikit Barcelona sepanjang sejarah. Di usia 21 tahun, Messi sudah dinominasikan untuk Ballon d'Or serta Pemain Paling baik Dunia FIFA. Pada 2009, ia memenangi Ballon d'Or serta Pemain Paling baik Dunia FIFA serta apresiasi pertama FIFA Ballon d`Or pada 2010 serta 2011.


Messi adalah pemain keempat yang menjuarai tiga Ballon d`Or, serta pemain kedua yang memenangi Ballon d`Or dua kali berturut-turut. Ia sudah menjuarai lima La Liga, dua Copa del Rey, lima Supercopa de Espana, tiga Liga Champions UEFA, dua Piala Super Eropa serta dua Piala Dunia Klub. Pada 2012, ia mencetak rekor Liga Champions UEFA dengan menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Ia juga menyamai rekor 14 gol Jose Altafini di satu musim Liga Champions. Ia juga mencetak rekor untuk gol tertidak sedikit dalam satu musim pada musim 2011-12, dengan 73 gol. Di musim yang sama, ia mencetak rekor pencetak gol tertidak sedikit La Liga dalam satu musim, 50 gol.

Messi adalah pencetak gol tertidak sedikit Piala Dunia FIFA U20 2005 dengan lima gol. Pada 2005, ia menjadi orang Argentina termuda yang bermain di Piala Dunia FIFA serta memenangi medali perak di Copa América 2007, dimana ia menjadi pemain muda paling baik. Gaya permainannya mengajak perbandingan dengan Diego Maradona, yang sudah memkabarhukan Messi sebagai "penerusnya".
Messi bermain untuk tim junior Barca, Infantil B serta Cadete B & A dari 2000 hingga 2003 (mencetak 37 gol dari 30 laga di Cadete A). Musim 2003-04, ia mencetak rekor[26] di lima tim tidak sama: tampil satu laga di Juvenil B (satu gol), serta dipromosikan ke Juvenil A (14 laga, 21 gol). Kemudian ia tampil untuk FC Barcelona C di Tercera División, pada 29 November 2003 serta untuk FC Barcelona B di Segunda División B pada 6 Maret 2004. Ia bermain untuk tim-tim tersebut sepanjang musim (delapan laga, lima gol, serta lima laga, tanpa gol). Bahkan sebelum debut-debut tersebut, Messi sudah tampil dengan cara resmi untuk pertama kali untuk tim mutlak pada 16 November 2003 dalam usia 16 tahun serta 145 hari, di suatu  laga persahabatan melawan FC Porto.

Tidak lebih dari setahun seusai debutnya, Frank Rijkaard memberi peluang debut pertama La Liga untuk Messi dalam laga melawan RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004 (17 tahun 114 hari), menjadi pemain termuda ketiga yang bermain untuk Barca serta pemain klub termuda di La Liga, sebelum akhirnya rekor dipatahkan oleh Bojan Krki? pada September 2007. Saat ia mencetak gol senior pertamanya menghadapi Albacete Balompié pada 1 Mei 2005, Messi berumur 15 tahun, 10 bulan serta 7 hari, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona sebelum kembali dipatahkan oleh Krkic pada 2007, yang mencetak gol dari assist Messi. Messi mengatakan tentang mantan pelatihnya, Rijkaard: "Saya tidak bakal sempat melupakan fakta bahwa dirinya yang mengawali karier saya, yang memberi saya kepercayaan diri saat usia saya baru 16 serta 17 tahun." Selagi musim itu, ia juga bermain untuk FC Barcelona B, mencetak 6 gol dari 17 laga.

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar